Menu Utama

Tulisan

Tautan


Limbah Kering, Alternatif Koleksi Pustaka
Selasa, 10 November 2009 by Ajick | Artikel Perpustakaan
PDF  Print 

oleh : Sri Handariningtyas
Guru SMPN 2 Sedati, Sidoarjo

Di luar tugas sehari-hari sebagai pengajar di kelas, penulis mempunyai tugas sampingan yang diberikan kepala sekolah, yakni kepala perpustakaan sekolah. Istilah perpustakaan sekolah bukanlah tanpa arti atau ciri khas. Perpustakaan sekolah ada di setiap sekolah. Memang, saat ini masih ada sekolah-sekolah yang belum mempunyai perpustakaan. Namun, dengan upaya seluruh warga sekolah, suatu saat semua sekolah akan memiliki.
Setiap tahun ajaran baru, semua jajaran yang terlibat belajar-mengajar di suatu sekolah pasti diminta membuat anggaran untuk pos masing-masing. Perencanaan anggaran tersebut dimasukkan dalam rencana anggaran dan biaya sekolah (RAPBS). Salah satu pos tersebut adalah pembiayaan untuk perpustakaan sekolah. Kesulitan yang paling sering terjadi adalah pengadaan bahan pustaka. Sebab, biaya yang diperlukan untuk pembelian bahan-bahan pustaka selalu berjalan dengan hukum deret ukur dan deret tambah. Kita tidak bisa mengingkari bahwa harga-harga kebutuhan pasti merangkak naik dari tahun ke tahun. Bahan pustaka pun dipengaruhi hal itu.

Bahan pustaka yang terdiri atas buku-buku bacaan, compact disc, majalah, koran, kaset, atau slide film pasti mahal. Tidak sesuai anggaran yang kita ajukan. Maka, jumlah bahan pustaka yang akan kita beli menjadi berkurang.

Untuk menyiasati hal tersebut, ada terobosan yang perlu kita lakukan. Yaitu, dengan menyulap/mengubah limbah-limbah di perpustakaan menjadi benda baru yang menarik perhatian untuk dibaca. Penulis menyajikan tiga contoh membuat kliping dengan mengubah tampilan kliping konvensional dengan tampilan baru yang lebih menarik (chic), sehingga mendapat perhatian anak didik untuk melihat, memegang/mengambil, kemudian membacanya.

Ada beberapa dasar yang menggugah penulis melakukan hal itu. Pertama, perpustakaan sekolah merupakan perpustakaan khusus yang menyediakan bahan pustaka untuk anak didik, bukan untuk umum seperti perpustakaan umum yang dimiliki pemkab/pemkot. Kedua, usia anak didik di suatu jenjang pendidikan pasti merupakan pertimbangan penting bagi kepala perpustakaan untuk menyediakan bahan pustaka.

Kita melihat, usia rata-rata siswa SMP adalah 12-15 tahun. Memang, ada yang lebih tua dari usia rata-rata itu, tapi hanya beberapa orang. Usia tersebut menunjukkan bahwa mereka adalah anak-anak yang menjelang masa remaja (not children but not yet teenagers). Pada usia itu, faktor rasa ingin tahu mereka sangatlah besar dan masa-masa bermain pun belumlah hilang.

Maka, penulis mencoba menggabungkan kedua kekuatan besar yang ada pada jiwa mereka. Caranya, membuat sesuatu yang dapat mereka nikmati sambil mendapatkan pengetahuan dengan membuat modifikasi kliping tersebut agar mereka benar-benar merasakan nikmatnya belajar.

Belajar itu semestinya nikmat dan menyenangkan. Belajar merupakan kebutuhan seperti halnya kebutuhan manusia akan makan dan minum. Kalimat tersebut harus kita tanamkan dalam sanubari mereka. Ketiga, sebenarnya kliping modifikasi itu adalah alat peraga bagi penulis ketika mengajar. Namun, penulis melihat kelebihan alat peraga tersebut. Dalam belajar-mengajar, siswa di kelas menjadi semakin asyik membaca. Mereka sering tidak sabar untuk menyentuh dan membaca isinya.

Dengan melihat keadaan itu, bangkitlah semangat penulis untuk menggunakannya dalam lingkup yang lebih luas, yaitu perpustakaan sekolah. Keempat, bahan-bahannya mudah didapat. Yakni, memanfaatkan limbah secara optimal. Kliping yang kita pilih adalah artikel di koran/majalah yang bagus, sedangkan sisa koran/majalah kita jual untuk menambah kas perpustakaan sekolah.

Setiap artikel harus kita kumpulkan dengan artikel sejenis sebelum dilekatkan pada tempat yang sudah disiapkan. Jangan lupa beri judul pada kliping-kliping tersebut agar mudah diingat ketika kita maupun para siswa membicarakannya. Hendaknya judul disesuaikan dengan tema artikel yang dikumpulkan

sumber : jawa pos

 

[ Atas ]


Berita terkait lainnya
© 2013 | UPT Perpustakaan Universitas Sebelas Maret
Jln. Ir. Sutami 36 A Kentingan Jebres Surakarta 57126 Indonesia
Telp / Faks : + 62 0271 654311
e-mail : pustaka@uns.ac.id